Memuat

Harap tunggu beberapa saat
kami menyiapkan semuanya untuk Anda!

Pagelaran Sabang Merauke Kembali Digelar Pada 17-18 Agustus 2024 di JIEXPO Theater Jakarta

Jakarta, 9 Juli 2024 - Setelah berhasil memukau ribuan penonton dalam empat kali pementasan sejak tahun 2022, “Pagelaran Sabang Merauke" The Indonesian Broadway 2024 persembahan iForte dan BCA kembali siap digelar untuk kelima kalinya pada tanggal 17 - 18 Agustus 2024 di JIEXPO Theater, Kemayoran Jakarta. Pagelaran yang diadakan bertepatan dengan perayaan Kemerdekaan Indonesia di tahun ini kembali mengusung tema “Pahlawan Nusantara” untuk mengangkat, menghormati dan melestarikan semangat para Pahlawan Indonesia serta menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan dari Sabang hingga Merauke dibalut dalam pertunjukan budaya, mulai dari musik, tari dan busana daerah yang dikombinasikan dengan musik orkestra serta choir dan ditampilkan dalam panggung megah dan spektakuler.

 

Ferdinandus Aming Santoso, CEO & President Director iForte & Protelindo Group menjelaskan motivasi utama untuk melanjutkan ‘Pagelaran Sabang Merauke’ The Indonesian Broadway “Pagelaran ini merupakan bentuk rasa terima kasih kami kepada masyarakat Indonesia dari Sabang hingga Merauke, sejalan dengan jaringan infrastruktur iForte yang meluas. Kami percaya bahwa melalui seni pertunjukan, dapat memberikan dampak yang luas bagi karyawan, mitra serta masyarakat. Dengan fokus ini, iForte tidak hanya memperkuat posisi sebagai perusahaan yang peduli terhadap sosial, tetapi juga sebagai upaya kami untuk melestarikan seni budaya Indonesia, menyampaikan sejarah, dan mewariskan kekayaan budaya kepada generasi muda Indonesia.” ujarnya.

 

Mengangkat tema "Pahlawan Nusantara" kembali, konsep tahun ini diperkaya dengan alur cerita yang lebih mendalam. Rusmedie Agus, Sutradara Pagelaran Sabang Merauke mengungkapkan, “Kami menghadirkan beberapa inovasi baru yang melanjutkan cerita dari tahun sebelumnya. Di mana sebelumnya kita melihat Sang Kakek menceritakan keberagaman Indonesia kepada cucunya, sekarang Sang Cucu menyebarkannya kepada teman-temannya, memberikan sudut pandang yang segar dan relevan. Komposisi penyanyi juga lebih beragam dengan penambahan tiga penyanyi baru seperti Yura Yunita, Yan Yosua, dan Alicia Hartono disamping penyanyi lainnya yang telah bergabung di pagelaran sebelumnya, yaitu Isyana Sarasvati, Mirabeth Sonia, Nino Prabowo, Alsant Nababan, Taufan Purbo, Christine Tambunan, Yuyun Arfah, Gabriel Harvianto, Swain Mahisa. Dengan cerita yang berkembang, kami yakin penonton akan menemukan banyak hal menarik dan merasa perlu untuk menyaksikan kembali pagelaran ini.”

 

Dari sisi  koreografi Sandhidea Cahyo selaku Koreografer Pagelaran Sabang Merauke menceritakan bagaimana kreativitas tarian pada ‘Pagelaran Sabang Merauke’ The Indonesian Broadway 2024. “Kami menyajikan rangkaian tarian tradisional dari berbagai daerah, yang dikombinasikan dengan elemen kontemporer untuk relevansi yang lebih dekat dengan penonton masa kini. Uniknya, tahun ini kami menyelipkan tarian kontemporer non-tradisional seperti Street Dance untuk menciptakan variasi dan dinamika dalam pertunjukan. Ini menunjukkan bahwa budaya tradisional bisa beradaptasi tanpa kehilangan esensi sejarahnya, menjembatani warisan budaya dengan ekspresi seni modern. Kami menghormati tradisi sambil memberi ruang bagi inovasi, memberikan pengalaman berkesan dan menginspirasi generasi muda dalam mencintai serta melestarikan budaya Indonesia,” jelasnya.

Musik dan lagu memiliki peranan penting dalam “Pagelaran Sabang Merauke” The Indonesian Broadway ini. Dian HP selaku Penata Musik, menjelaskan perbedaan signifikan dari musik tahun lalu dengan tahun ini. “Kami mengikuti arahan sutradara dan perkembangan budaya saat ini. Tahun ini, kami tetap mengedepankan tradisi yang kuat namun tetap relevan bagi generasi muda dengan mengintegrasikan elemen musik modern seperti elektronik dan rap. Musik Pagelaran Sabang Merauke tahun ini menggabungkan musik tradisional dan modern, menciptakan harmoni antara keduanya. Dengan demikian, penonton dapat merasakan kekayaan budaya tradisional Indonesia sekaligus menikmati sentuhan modern yang menyegarkan.”

 

Pernyataan Dian HP diamini oleh Avip Priatna. Avip Priatna, Konduktor Jakarta Concert Orchestra dan Batavia Madrigal Singers, menyampaikan bahwa komposisi musik dari sisi orkestra akan memiliki peran yang penting seirama dengan alat musik tradisional, memberikan nuansa yang lebih kaya. Sementara itu, Dunung Basuki, Penata Musik Tradisional Pagelaran Sabang Merauke, menyoroti tantangan dalam menggunakan musik tradisional karena keterbatasan tangga nadanya. Beruntung, para penyanyi Pagelaran Sabang Merauke dapat menyesuaikan sehingga harapannya, pertunjukkan kali ini akan lebih kaya.

 

Isyana Sarasvati, Musisi dan Penyanyi Pagelaran Sabang Merauke yang sudah terlibat dipagelaran sebelumnya, selain berperan sesuai perannya di tahun lalu, tahun ini akan memerankan peran  baru yaitu Martha Christina Tiahahu, seorang pahlawan dari Maluku. Peran ini memberikan tantangan dan pengalaman baru yang sangat berbeda dari tahun sebelumnya. 

 

Yura Yunita sebagai Penyanyi yang akan tampil perdana dalam “Pagelaran Sabang Merauke” The Indonesian Broadway 2024 mengungkapkan kegembiraannya turut serta dalam pertunjukan ini, “Pagelaran Sabang Merauke adalah acara yang sudah lama aku impikan untuk terlibat. Tahun lalu, ketika melihat pagelaran ini, aku sangat terinspirasi dan berharap suatu hari bisa menjadi bagian dari acara yang luar biasa ini. Jadi, ketika kesempatan itu akhirnya datang, aku sangat antusias. Dalam pagelaran ini, aku akan berperan sebagai biduan Sunda yang menghibur teman-teman dan penonton, serta sebagai Putri Papua. Kedua peran ini sangat berarti karena aku bisa membawa unsur tradisional dari dua budaya yang berbeda ke atas panggung. Aku berharap, melalui peran ini, aku bisa menyampaikan keindahan dan kekayaan budaya Indonesia kepada seluruh penonton, serta menginspirasi mereka untuk terus mencintai dan melestarikan warisan budaya kita."

 

“Pagelaran Sabang Merauke” The Indonesian Broadway juga identik dengan busana etnik wastra nusantara yang berasal dari berbagai sanggar seni juga rumah mode, dan melibatkan desainer - desainer ternama Indonesia sebagai penata busana salah satunya Ivan Gunawan yang telah terlibat sejak tahun 2022. "Saya merasa terhormat kembali dipercaya sebagai penata busana untuk Pagelaran Sabang Merauke. Kami bekerja mempersiapkan busana yang otentik melalui riset mendalam tentang keunikan dan originalitas busana daerah. Dikoordinie oleh Era Sukamto dari Indonesia Fashion Designers Council (IFDC), kami memastikan setiap detail seperti warna khas daerah terwakili dengan baik. Taufik Bachtiar membantu mengkurasi para desainer dan menetapkan arahan yang jelas. Sanggar Kancil, di bawah pimpinan Tri Anggoro, mendukung dengan kostum penari, memilih kain dan hiasan yang sesuai. Proses ini berlangsung berbulan-bulan, dengan fokus pada detail untuk menciptakan pertunjukan yang spektakuler dan menginspirasi.” Pagelaran Sabang Merauke digarap secara detil, baik tarian, musik, maupun fashion yang dikerjakan terus menerus selama 1 tahun dan berusaha untuk terus menerus menjadi lebih baik lagi. 

 

Dalam konferensi pers ini, iForte juga memperkenalkan video klip terbarunya yang didukung oleh lagu "Inspirasi Diri" ciptaan Eross Chandra yang juga dikenal sebagai Gitaris Sheila on 7 dan dinyanyikan oleh Yura Yunita, Yan Joshua, dan Yuyun Arfah dan melibatkan pula Dunung Basuki pada musisi tradisi, Abim sebagai gitaris muda dan Batavia Madrigal Singers. Lagu ini akan menjadi salah satu lagu di Pagelaran Sabang Merauke yang diharapkan dapat memberikan inspirasi untuk semua penonton pertunjukan ini terutama anak muda. 

 

Penjualan tiket “Pagelaran Sabang Merauke” The Indonesian Broadway 2024 akan dibuka mulai tanggal 11 Juli 2024 untuk umum melalui Tiket.com. Tiket tersedia dalam beberapa kategori, yaitu Diamond, Platinum, Gold, dan Silver, dengan harga bervariasi mulai dari Rp 250.000 hingga Rp 750.000 dan berlaku diskon khusus dengan pembayaran menggunakan produk BCA.